koneksi java netbeans dengan MySQL (FOR WINDOWS ONLY)

Tutorial Java ini harus menggunakan software Netbeans versi 6 keatas. Sebelum menginstall netbeans Anda terlebih dahulu harus menginstall JDK (Java Development Kit). Saya menggunakan JDK versi jdk-6u12-windows-i586-p dan NetBeans Versi 6.8 . Terkadang software netbeans 6 keatas jika didownload sudah satu paket dengan JDK akan tetapi ada pula yang terpisah dan Anda harus mendownload satu per satu. Tentunya untuk belajar dan ingin menguasai sesuatu ilmu Anda harus berkorban🙂

Dikarenakan produk dari sun microsystem adalah open source atau free maka Anda bisa mendownload netbeans secara gratis di http://www.sun.com

Saya menginstall software XAMPP untuk bisa menggunakan MySQL versi 5.0.67

Untuk mencarinya anda bisa tanya om google😀

Setelah mendapatkan netbeans versi 6 keatas dan JDK tentunya install-lah software tersebut. INGAT Anda harus menginstall JDK terlebih dahulu setelah itu baru netbeans.

Setelah itu Anda harus install XAMPP. pilih next seperti biasa tapi jangan next terlalu cepat karena pada next berikutnya Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password untuk bisa mengakses localhost Anda. setelah itu next berikutnya terdapat form pilihan berupa checkList. pada bagian bawah terdapat beberapa aplikasi yang ingin diikut sertakan dalam proses penginstalan. Checklist semuanya terkecuali pilihan FILEZILLA (jika Anda ingin menginstall filezilla juga Anda harus men-checklist pilihan tersebut). setelah itu pilih next dan finish. kemudian muncul kotak dialog pada layar untuk melihat control panel XAMPP. Didalam Control Panel XAMPP Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang sudah running/start. Anda tinggal mengklik Start  disebelah nama aplikasi yang ingin Anda run. Biasanya yang sudah running otomatis adalah Apache dan MySQL. Kemudian klik tanda Silang Merah di Pojok Kanan Atas atau exit. Untuk membukanya lagi Anda hanya klik Shortcut XAMPP atau terdapat di start>>All Program>>Apache Friend>>XAMPP>>XAMPP Control Panel.

setelah Anda sudah menginstall semua sampai selesai, baru kita masuk tahap selanjutnya yaitu cara koneksi netbeans ke MySQL.

– pertama Anda harus menguji bahwa XAMPP Anda berjalan dengan baik tanpa masalah dengan cara buka Browser Mozilla atau InternetExplorer atau Browser Kesukaan Anda. Kemudian Ketikkan localhost pada alamat URL. Jika Muncul Tulisan “XAMPP” dengan pilihan bahasa “ESPANYOL”😛

Saya lebih memilih menggunaka bahasa “English”🙂

– Untuk membuat database Anda harus membuka phpmyadmin dengan mengetikkan localhost/phpmyadmin pada alamat URL. Jika sudah muncul Anda bisa membuat database beserta table sesuai kreasi Anda.

Contoh :

pada kotak yang bertuliskan  “Create new database” isikan nama database yang Anda inginkan kemudian klik tombol “Create”. Kemudian muncul kotak dan isikan nama table yang ingin anda bikin dengan jumlah fieldnya berapa kemudian klik tombol “Go”. Tinggal Anda lanjutkan Sendiri sesuai kreasi Anda😀 .

Masuk Pada Bagian Netbeans

Untuk Mengkoneksikan Antara netbeans dan MySQL kita harus meng-Import Jconnector atau konektor_J pada netbeans. Biasanya Untuk netbeans Versi 6 keatas Jconnector tersebut sudah ada dalam library netbeans, beda dengan netbeans versi 5.++ harus download Jconnector terlebih dahulu.

  • Pertama bukalah netbeans Anda yang sudah terinstall tentunya.
  • Kemudian  pilih File>>New Project dan muncul kotak beserta pilihan
  • Pilih Java disebelah kiri dan Java Application disebelah kanan kemudian klik next
  • Dibagian Project Name berinama project Anda
  • Hilangkan checklist “Create Main Class” dan “Set as Main Project” kemudian klik finish
  • Pada jendela sebelah kiri terdapat “Tab Project”, “Tab Files”, “Tab Service”.
  • Kemudian pada bagian “Tab Project” klik kanan pada folder Libraries dan pilih “Add Library” kemudian muncul kotak beserta berbagai pilihan Database. Kemudian cari dan klik MySQL JDBC Driver kemudian muncul tombol “Add Library” dan klik. Untuk memastikan sudah ada Connectornya Anda bisa klik 2kali pada folder Libraries.
  • Kemudian Anda ke Tab “Service” dan klik kanan pada “Database” dan pilih “New Connection” kemudian akan muncul kotak form isian untuk koneksi.
  • pada kotak Driver Name pilih MySQL Connector JDriver
  • pada kotak Host ketikkan localhost
  • pada kotak Port ketikkan 3306
  • pada kotak Database ketikkan nama database yang sudah Anda buat misalkan yang saya buat adalah “database_tugas”
  • pada kotak User Name ketikkan root yaitu username sesuai ketika Anda menginstall XAMPP karena username tersebut merupakan username ketika kita ingin login masuk ke MySQL
  • pada kotak Password lakukan hal yang sama seperti mengisi username, tapi jika password dikosongkan ketika mengistall XAMPP maka kosongkan juga pada kotak password ini
  • Setelah itu klik tombol “Ok”

Ketika pada Tab “Service” di bagian Database Anda bisa klik 2kali dan muncul berbagai macam host contohnya localhost. salah satu host tersebut terdapat koneksi ke localhost dengan koneksi database yaitu misalkan  “database_Tugas” dengan penulisan jdbc:mysql://localhost:3306database_tugas”. Ketika Anda klik 2kali localhost tesebut maka langsung terlihat database-database yang Anda buat pada MySQL contohnya “database_tugas”. Ketika Anda klik 2kali pada database_tugas tersebut Anda akan melihat folder “Tables”, klik 2kali lagi kemudian Anda akan melihat table yang ada di dalam “database_tugas”. Ketika Anda klik 2kali lagi akan terlihat Field-Field yang ada pada table tersebut.

Dengan demikian project Anda pada netbeans telah terkoneksi ke MySQL dan siap untuk dipakai untuk project. Untuk Project yang lain dengan database berbeda Anda harus men-setting lagi koneksi database dengan pada Tab “Service” dan klik kanan pada “Database” kemudian klik “New Connection”. Ikuti langkah yang sama pada tutorial di atas.

catatan :
bagi yang menggunakan Jsp atau Servlet masalah setting koneksi dan script koneksi sama saja dan tidak ada yang berubah😀

tutorial writen by ffaaddiill

Thanks To :

http://forum.heckeria.net

http://hacker-newbie.org